Berita dan Pengumuman

Dosen UM Surabaya Sebut Lulusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Banyak Peluang Kerja Menjanjikan

  • Di Publikasikan Pada: 01 Feb 2023
  • Oleh: Admin DKV DKV

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) kian hari makin banyak diminati. Selain memiliki persaingan yang cukup tinggi, jurusan DKV memiliki peluang dan prospek kerja yang menjanjikan di era industri 4.0. Sebagai salah satu cabang ilmu desain di perguruan tinggi, jurusan DKV dituntut untuk mahir dalam menyampaiakn pesan melalui visual gambar ataupun audio visual dengan kreatif.

Agus Budiman Dosen DKV UM Surabaya membagikan peluang kerja untuk lulusan DKV yang menjanjikan.

Menurutnya, peluang yang pertama adalah illustrator. Profesi illustrator kian hari makin diminati para generasi muda, ilustrator bertugas untuk menyediakan gambar ilustrasi untuk menjelaskan atau menyampaikan pesan dalam bentuk gambar yang menarik.

“Banyak perusahaan maupun instansi yang memberikan gaji besar untuk ilustrator, pasalnya menciptakan karya, illustrator harus berpikir kreatif agar visual yang dihasilkan mampu menyampaikan pesan tanpa menamabhkan kata-kata,”ujar Budi Selasa (13/12/22)

Kedua, desain graphic. Budi menyebut, lapangan pekerjaan dari graphic designer terbilang cukup luas. Pasalnya, di era digital perusahaan butuh promosi dengan desain gambar yang bagus dan nyaman dilihat.

“Seorang desain grafis punya kapasitas dalam hal mengatur komposisi, warna serta karakter desain, sehingga sangat dibutuhkan dalam hal branding sebuah perusahan maupun instansi,”imbuhnya lagi.

Ketiga animator. Profesi animator berkaitan dengan seni menciptakan ragam gambar yang akan membentuk ilustrasi bergerak pada saat ditayangkan. Pekerjaan ini menjadi impian anak muda di dunia animasi. Seorang animator bisa kerja di industri film, televisi, iklan, olahraga, bahkan video game. Animasi juga cocok digunakan dalam membuat media pembelajaran berbasis video animasi yang kece.

Keempat editor video. Profesi editor video  saat ini selalu dibutuhkan dalam branding perusahaan,   Editor video bertanggung jawab dalam memilih, merangkai ataupun memanipulasi beberapa materi video, sehigga dibutuhkan jiwa seni tinggi untuk menjadi satu video yang kreatif.

Terakhir, profesi mobile creative design. Menurut Budi, profesi ini berkaiatan dengan perancangan desain dari sebuah aplikasi pada platform mobile yang didasarkan pada pengembangan kreativitas, sehingga tidak hanya menghasilkan desain yang fungsional tetapi juga menarik.


“Profesi ini selalu menjadi rebutan perusahan dan instansi digital,”pungkas Budi.